Lokomotif Pertama Buatan PT. INKA Bersiap Memulai Dinas Reguler

Perkembangan transportasi di Indonesia semangkin berkembang terutama di sektor Kereta Api mulai melebarkan sayapnya sampai ke Medan Kamu pasti sudah tahu dengan Lokomotif CC 300,kan ? Itu loh lokomotif pertama buatan PT. Industri Kereta Api (INKA),Madiun yang murni 100% buatan PT. INKA tanpa ada campur tangan sedikitpun dari pabrikan luar negeri seperti General Electric, Electro-Motive Division, maupun Bombardier. Nah, bisa dibilang Lokomotif ini murni 100% pemikiran anak bangsa.



Namun, sudah bukan rahasia lagi jika lokomotif ini lebih banyak berdiam di dalam area PT. INKA daripada berdinas reguler seperti lokomotif lain yang buatan General Electric maupun Electro-Motive Division. Ya maklum,lokomotif ini merupakan kepunyaan Direktorat Jendral Perkeretaapian Kemenhub bukan milik PT. Kereta Api Sehingga ia hanya keluar kandang hanya jika ada pihak dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub yang akan melakukan inspeksi.

Hingga akhirnya, sekitar hari Senin, 22 Februari 2016 kemarin beredar kabar bahwa pada hari selasa salah satu lokomotif ini yaitu CC 300 12 01 (CC 300 01) akan dipindahkan ke Divisi Regional 1 Sumatra Utara, tepatnya menuju kota Medan. Lokomotif ini dipindahkan ke Medan sebagai upaya mempercepat pembangunan Jalur Kereta Api Trans Sumatra. Diharapkan dengan adanya lokomotif ini angkutan logistik pembangunan rel dan inspeksi Ditjen Perkeretaapian dapat dilaksanakan lebih cepat.



Selasa, 23 Februari 2016. Sebuah kejutan muncul. Lokomotif CC 300 yang dikirim ternyata bukan CC 300 12 01 (CC 300 01) melainkan CC 300 14 01 (CC 300 04) yang bisa dibilang merupakan CC 300 generasi terbaru. Berangkat pukul 10.45 WIB dari Madiun menuju Stasiun Kalimas,Surabaya. Dengan ditarik lokomotif CC 201 92 18 dan ditemani Kereta Inspeksi Sindoro yang juga buatan PT. INKA dan telah mengalami operasi wajah pasca tabrakan dengan Crane di Sidoarjo beberapa waktu lalu dan kini dengan nama barunya "Kaldera Toba" yang juga akan dipindah ke Medan.



Sekian guys itu dia perkembangan transportasi yang ada di Indonesia kita doakan Indonesia semangkin maju ya guys amin.

nagabumi

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar